Senin, 23 Juli 2012

Cara Merawat Gigi Bayi

Gigi bayi berfungsi untuk mengunyah makanan serta membantu perkembangan bicaranya. Gigi pertama biasanya akan tumbuh pada usia antara 6 - 8 bulan. Agar tidak terjadi kerusakan yg parah dan penyakit gusi, sebagai orang tua setidaknya mengetahui bagaimana cara mencegah juga merawat gigi bayi dgn benar. Lebih jelasnya, ikuti tips di bawah ini :
  • Ketika gigi pertama mulai muncul, gunakan sepotong kain kasa steril yg hanya dibasahi air murni untuk membersihkan plak gigi dan gusi.
  • Ketika balita Anda menginjak usia hampir 2 tahun, perkenalkanlah sikat gigi yg kecil khusus bayi. Anda tidak perlu menggunakan pasta gigi, tetapi cobalah untuk membersihkan giginya dua kali sehari. Ajarkan mereka berkumur dan meludah. Instruksikan mereka supaya tidak menelan pasta giginya.
  • Satu hal yang harus diingat bahwa kebanyakan pasta gigi mengandung fluoride. Zat ini dapat menjadi racun bagi balita jika tertelan dalam jumlah besar. Bahkan sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kadar fluoride tinggi dalam air minum dan air seni, dapat menyebabkan penurunan nilai IQ, evaluasi verbal dan kinerja pada anak. Kemudian yg paling mengkhawatirkan adalah studi mengenai asupan fluorida dan penurunan tingkat kecerdasan, terutama pada anak. Hasil analisis menunjukkan bahwa anak-anak di daerah dengan paparan fluorida tinggi memiliki 5-kali risiko menderita IQ rendah jika dibandingkan dengan anak dari daerah dengan fluoride tidak ada atau rendah. (sumber : http://intelegen.com/nutrients/fluoride.htm )
  • Hindari mediator yg bisa menyebabkan bakteri masuk ke rongga mulut bayi.
  • Jangan memberikan cairan manis dalam botol pada bayi.
  • Batasi makanan dan minuman yg manis, terutama makanan lengket seperti permen atau manisan.

Pemeriksaan, perawatan, pencegahan dini akan melindungi senyum balita Anda sekarang  serta untuk masa depan yang lebih cerah dan sehat.

Tidak ada komentar:

Creative Commons License
http://caramerawat-bayi.blogspot.com by Cara Merawat Bayi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.