Rabu, 25 Juli 2012

Cara Merawat Bayi yang Demam

Demam merupakan sesuatu yang biasa terjadi pada bayi. Ia bukanlah penyakit, tapi merupakan suatu gejala yg disebabkan adanya masalah tiba-tiba terjadi dalam tubuh seseorang. Kemunculannya adalah sebagai reaksi untuk memulihkan keadaan fisiknya. Adapun penyebabnya bisa karena masuknya "sesuatu" kedalam tubuh, misalnya melalui vaksinasi, makanan, minuman, cuaca ekstrim atau tumbuh gigi.
Meskipun demikian, Kita harus tetap waspada jika ini terjadi pada bayi, karena ada juga demam yg membahayakan sehingga perlu ditangani secara medis.

Jika anak Anda mengalami demam tinggi ( 38°C untuk bayi 3 bulan kebawah dan 39°C untuk balita berumur 3 - 36 bulan ) disertai keluhan tertentu seperti sakit tenggorokan dan telinga, atau diare dan muntah-muntah, atau buang air kecil lebih sedikit dari biasanya dan terasa sakit, atau demam berulang dan tidak hilang setelah 24 jam, atau balita Anda tidak mau makan dan minum, maka segeralah hubungi Dokter !

Apabila demam yang terjadi tidak seperti indikasi diatas, Anda bisa merawat bayi dengan cara :
  • Tetap memberikan ASI secukupnya, jangan berlebihan.
  • Berikan ruangan untuk balita beristirahat sirkulasi udara yang baik, tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin.
  • Jangan memandikan anak selagi demam, tapi berikan dgn cara di lap basah
  • Jangan pernah memberikan apirin walaupun dgn cara dosis dikurangi Anda bisa memberikan obat demam khusus balita sesuai aturan pakainya.
  • Berikanlah pakaian yang nyaman juga bersih
  • Cek selalu dengan termometer secara akurat
Demikian cara merawat bayi yang demam, selengkapnya bisa dicari disini : http://kidshealth.org

Tidak ada komentar:

Creative Commons License
http://caramerawat-bayi.blogspot.com by Cara Merawat Bayi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.